Selasa, 08 November 2011

Jadi Pemulung

      Tono sudah delapan hari tidak masuk sekolah.Ia termasukanak yang rajin dan cukup pandai di kelasnya.Keluarga Tono tidak mampu.Orang tuanya hanyalah buruh tani.Keadaan orang tua yang demikian membuat Tono merasa rendah diri.Bu Guru menanyakan ketidakhadiran Tono kepada para siswanya.Akan tetapi,mereka tidak tahu.Sepulang sekolah,Dimas dan kawan-kawannya berkunjung ke rumah Tono.Mereka ingin melihat keadaan Tono.selain itu,mereka ingin tahu mengapa Tono tidak masuk sekolah.tiba-tiba,mereka melihat seorang anak sedang mengorek-orek tempat sampah di dekat pasar."Lho,kamu sedang apa No?"tanya mereka hampir bersamaan."A....a...aku mencari barang bekas.Aku jadi pemulung.itulah sebabnya,aku sudah beberapa hari  tidak masuk sekolah!"."jadi,selama ini kamu tidak masuk karena jadi pemulung?"tanya Cici."ya,aku ingin membantu orang tuaku.penghasilan ayahku tidak cukup.ayah tidak dapat memberiku uang untuk membayar uang sekolah.aku jadi malu dengan teman-teman.pekerjaan ini kulakukan tanpa sepengetahuan orang tuaku.ini terpaksa kulakukan demi membayar uang sekolah,"kata Tono.
sumber;b.indonesia kls.6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar